TRAKOMA

Posted on

TRAKOMA

 

Pengertian Trakoma / KONJUNGTIVITIS TRAKOMATOSA (TRACHOMA)

  • Trakoma adalah penyakit mata yang dapat menular dan merupakan salah satu penyebab kebutaan. Trakoma disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis dengan lalat sebagai perantaranya.
  • Trakoma adalah suatu bentuk konjungtivitis folikular kronik yang disebabkan oleh virus golongan P.L.T (psitacosis lymphanogranuloma trachoma) yang disebut Chlamydozoa Trachoma (chlamis berarti matel dan zoa berarti binatang). Penyakit ini dapat mengenai semua umur tetapi lebih banyak pada orang muda dan anak-anak. Daerah yang banyak terkena adalah semenanjung Balkan. Ras yang banyak terkena ditemukan pada Ras Yahudi, penduduk asli Australia dan Indian Amerika.
  • Trachoma adalah penyakit infeksi yang dapat menyebabkan kebutaan bagi penderitanya. Penyakit ini disebabkan oleh tersebarnya bakteri Chlamydozoa Trachoma di tempat-tempat yang kualitas sanitasinya buruk dan kualitas air yang tidak adekuat. Bakteri-bakteri ini kemudian tersentuh oleh tangan manusia, menempel di tubuh lalat, atau tempat-tempat lain yang nantinya mengontaminasi mata orang yang sehat. Infeksi oleh bakteri ini dapat menyebabkan munculnya jaringan parut pada kornea mata. Pada awalnya, terbentuk reaksi infeksi inflamasi pada bagian kelopak atas. Reaksi ini lama-kelamaan membuat kelopak mata mengerut dan menyempit. Kelopak yang membentuk jaringan parut ini lama-kelamaan semakin ke dalam hingga pada akhirnya menutupi kornea. Ketika kornea tertutupi jaringan parut maka si penderita mulai mengalami kebutaan. Dalam setiap kedipan mata, bulu mata akan menggaruk kornea dan membuat penderita menderita. Kondisi ini disebut trichiasi.
  • Trakoma adalah infeksi pada mata yang disebabkan bakteri Chlamydia trachomatis. Bakteri ini berkembang sangat baik di lingkungan yang kotor / bersanitasi buruk.  Penularan penyakit mata trakoma berlangsung saat anak menggunakan benda yang sudah tercemari Chlamydia seperti sapu tangan dan handuk.

Cara Penularan Penyakit mata  Trakoma / KONJUNGTIVITIS TRAKOMATOSA (TRACHOMA)

  • Reservoir penyakit ini adalah manusia. Cara penularan melalui kontak langsung dengan discharge yang keluar dari mata yang terkena infeksi atau dari discharges nasofaring melalui jari
  • atau kontak tidak langsung dengan benda yang terkontaminasi, seperti handuk, pakaian, alat-alat kecantikan dan benda-benda lain yang dicemari discharge nasofaring dari penderita.
  • Lalat, terutama Musca sorbens di Afrika dan Timur Tengah dan spesies jenis Hippelates di Amerika bagian selatan, ikut berperan pada penyebaran penyakit.

Masa inkubasi rata-rata 7 hari (berkisar antara 5 sampai dengan 14 hari). Masa penularan berlangsung selama masih ada lesi aktif di konjungtiva dan kelenjar-kelenjar adneksa maka selama itu penularan dapat berlangsung bertahun-tahun. Konsentrasi organisme dalam jaringan berkurang banyak dengan terbentuknya jaringan parut, tetapi jumlahnya akan meningkat kembali dengan reaktivasi dari penyakit dan terbentuknya discharge kembali. Penderita tidak menular lagi 1-3 hari setelah diberi pengobatan dengan antibiotika sebelum terjadinya perbaikan gejala klinis.

 

Gejala  Penyakit mata  Trakoma / KONJUNGTIVITIS TRAKOMATOSA (TRACHOMA)

  • Pada stadium awal, konjungtiva tampak meradang, merah dan mengalami iritasi serta mengeluarkan kotoran (konjungtivitis).
  • Pada stadium lanjut, konjungtiva dan kornea membentuk jaringan parut sehingga bulu mata melipat ke dalam dan terjadi gangguan penglihatan.
  • Pembengkakan kelopak mata
  • Pembengkakan kelenjar getah bening yang terletak tepat di depan mata
  • Kornea tampak keruh.

Gejala trachoma pada umumnya:

* Mata terasa gatal dan merah
* Terjadi iritasi pada mata dan kelopak mata.
* Keluarnya cairan bernanah dan berlendir dari mata.
* Mata sensitif terhadap cahaya.
* Mata kabur.
* Nyeri pada mata

 

Perkembangan gejala yang terjadi pada trachoma, yaitu:

  • Terjadinya peradangan pada folikel atau benjolan kecil yang terdapat di kelopak mata bagian atas atau konjungtiva yang berisi limfosit. Peradangan ini adalah awal terjadinya infeksi yang ditandai dengan munculnya folikel-folikel pada kelopak mata atas bagian dalam, yang hanya dapat dilihat menggunakan kaca pembesar.
  • Mata mengalami peradangan yang sangat intens setelah mengalami iritasi. Kondisi ini menyebabkan terjadinya penularan dengan mudah.
  • Mata mengalami infeksi yang terjadi secara berulang dan dapat menyebabkan luka pada kelopak mata bagian dalam dan meninggalkan bekas luka. Ketika dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat pembesar akan tampak seperti garis-garis berwarna putih pada bekas luka. Akibat dari bekas luka ini, kelopak mata akan mengalami distorsi dan kemungkinan besar dapat terjadi perubahan pada kelopak mata
  • Tumbuhnya bulu mata ke arah dalam (trichiasis). Kondisi ini disebabkan karena terbentuknya jaringan parut pada kelopak mata. Bulu mata yang tumbuh ke dalam ini akan mempengaruhi mata ketika berkedip, sehingga menimbulkan gesekan antara bulu mata dengan kornea.

Gesekan yang terjadi antara bulu mata dengan kornea dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada kornea, dan bahkan terkadang dapat terjadi kerusakan secara permanen pada kornea mata.

Semakin menumpuknya jaringan parut yang terbentuk pada kelopak mata bagian atas daripada kelopak mata bagian bawah akan menyebabkan terjadinya penebalan yang memanjang membentuk seperti garis. Kondisi ini dapat mempengaruhi kelenjar lakrimal penghasil air mata sehingga mata akan menjadi sangat kering.

Pengobatan alami  Penyakit mata  trachoma

 

Pengobatan Penyakit mata Tracoma dengan Super lutein Mirtoplus 

 

Berikut Tentang Super lutein Mirtoplus sebagai terapi obat herbal penyakit mata 

 

 

Selengkapnya tentang Super lutein Mirtoplus suplemen mata terbaik 

 

Buat Anda yang sedang mencari suplemen , vitamin , nutrisi untuk kesehatan mata ” Super lutein Mirtoplus sebagai suplemen herbal terbaik , suplemen yang bagus dan aman untuk mata dan dapat dikonsumsi untuk  anak – anak . Super lutein Mirtoplus terbaik untuk kesehatan dan terapi pengobatan mata .

Untuk Order dan pemesanan silahkan langsung

TELP/SMS / WA ke CS kami di kontak person disebelah atau dibawah website ini .  Super lutein Mirtoplus Solusi terbaik untuk kesehatan dan terapi mata Anda .